Jumat, 06 Juli 2012

Twitter VS Facebook



 Twitter VS Facebook
Tentang Twitter
Twitter adalah sebuah situs mikroblog dan situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kata twitter secara harfiah berarti ‘berkicau’. Situs ini mempunyai konsep blog mikro dalam penggunaannya.

Tentang Facebook
Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.
Pada awal masa kuliahnya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.[2] Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Mungkin sebagian pembaca pasti memiliki Facebook yang istilah pendeknya FB. Tak perlu diragukan lagi fenomena FB yang sudah marak setahun akhir ini menguasai jejaringan sosial di Indonesia . Kalo Fb ini memang bisa dibilang rajanya Jejaringan Sosial di Indonesia.
Bahkan sesepuh JS (Jejaringan Sosial) FS aka Friendster langsung bertekuk lutut ketika datang kehadiran FB.
FB dilengkapi juga seperti pendahulunya yaitu bisa buat Group.
Yang menjadikan tetap eksis ialah banyakknya aplikasi pihak ketika seperti game dan aplikasi. Terobosan yang sangat keren ialah adanya fitur chatting. Update statuslah yang ditonjolkan di JS ini. Dengan kata tak terbatas kita bisa update status tak terbatas panjangnya. Berbeda dengan Plurk, jika anda akan updatwe status panjang maksimal 140 karakter.

Sekarang beralih ke Twitter. Sebenarnya twitter bukan jejaringan sosial seperti Fb. Twittwer adalah micro bloging berfungsi semacam portal yang berisi daftar kegiatan sehari-hari dari para anggotanya. Kebanyakan yang menggunakannya adalah artis. Twitter sangat sederhana karena tidak ada fitur emotion seperti di Plurk ataupun status yang panjang seperti di Fb karena panjang maksimalnya cuma 140 karakter. Di twitter di kenal RT alias Retweet yaitu ketika teman kita sedang ngetweet/menulis pesan kita membalasnya dengan RT supaya tau mana pertanyaan yang dibalas.
Hal yang membedakan antara Fb dengan Twitter ialah penggunannya akan mendapatkan status verified account. Ini akan membedakan ketika ada orang yang membuat account twitter artis terus mengaku2 artis tersebut.
Memang ada kelebihan sdan kekuarangan, silahkan memilih yang anda suka.

0 komentar:

Posting Komentar