Jumat, 06 Juli 2012

Facebook VS Mig33


 Friendster VS Facebook
Manakah yang kamu paling suka Mig33 atau Facebook?
Yang aku ketahui Mig33 terlebih dahulu booming di Indonesia. Sekitar tahun 2007/2008.
Komunitas ini berkembang dengan begitu cepat karena hanya dengan mendownload aplikasi java di wap.mig33.com maka kamu sudah bisa chating sepuasnya dengan tarif yang cukup murah.

Namun tentunya kita juga harus jeli melihat perkembangan Facebook yang begitu cepat. Situs jejaring sosial ini mulai marak pada sekitar tahun 2008 akhir. Jika dibandingkan dengan Mig33, tentunya Facebook sedikit lebih “telat”. Tetapi itu bukan berarti bahwa perkembangan Facebook juga telat. Menurut prediksiku kekalahan Mig33 oleh Facebook tinggal menunggu waktu saja. Pendapatku ini bukanlah aku pecinta Facebook dan tidak senang akan Mig33, Aku adalah pemakai Mig33 dari tahun 2007 sampai sekarang. Namun ini adalah pendapatku sendiri setelah melihat keadaan akhir-akhir ini.

Keberadaan Facebook sebenarnya bisa melengkapi Mig33, ketika chating di Mig33 kadang orang bertukaran Facebook. Tapi sebaliknya Mig33 tidak mendukung Facebook ke dalam fiturnya. Padahal Mig33 mendukung Yahoo dan google untuk bisa chating pada pada aplikasi chatingnya. Namun ternyata itu tidak menghambat perkembangan Facebook, messangger lain seperti nimbuzz, ebuddy, dan masih banyak lagi ternyata mendukung Facebook. Sementara itu chating pada Mig33 hanya bisa dilakukan dengan aplikasinya sendiri atau aplikasi modifnya (Hibaru, Mig33plus, Bond-Super dll).

Karena itu pula bisa dibayangkan perkembangan Facebook bisa sangat begitu pesat. Facebook juga telah membuat wap sitenya (mirip dengan friendster) sehingga semakin mudah diakses dengan ponsel.
Nah ke depannya aku kira Mig33 harus segela membuat perubahan yang revolusioner. Karena yang aku lihat ternyata user Mig33 juga banyak yang sudah tidak aktif, entah dengan alasan apa. Aku mengharapkan juga kerja sama Mig33 dengan Indosat baru-baru ini bisa benar-benar menjadi daya tarik bagi semua pengguna situs jejaring sosial di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar