Jumat, 20 Januari 2012

Tutorial| Facebook Timeline (Kronologi)

LOGO FACEBOOK TIMELINE
Sebelum Facebook Timeline di rilis secara official kami sempat berhasil membantu sejumlah teman mengembalikan Facebook mereka dari Mode Timeline ke Mode Wall dengan cara menghapus Aplikasi yang telah mereka buat sebagai syarat mutlak mendapatkan Fitur Timeline yang saat itu masih di peruntukkan buat Developer Facebook saja.

Tetapi memasuki minggu kedua desember secara tiba tiba semua teman teman kami melaporkan bahwa Facebook mereka kembali lagi ke Mode Timeline.
Seperti yang kami tegaskan di beberapa artikel kami sebelumnya, bahwa Fitur Timeline merupakan bentuk inovasi baru Facebook yang akan digunakan sebagai pengganti Mode Wall. Jadi kedepannya Semua Facebooker memang diharuskan memakai Fitur baru ini. Kalaupun hingga saat ini masih banyak Facebooker yang masih bisa menikmati Mode Wall hal itu di karenakan Facebook belum merilis Timelline secara serentak.

Tetapi kedepannya semuanya akan secara otomatis di rubah ke Mode Timeline.
Nah satu satunya hal yang bisa dilakukan oleh para Facebooker sekarang adalah menerima Fitur Timeline dan mempelajari semua fitur yang tersedia pada Mode Facebook Timeline.
Berikut sedikit perbedaan antara Facebook Mode Wall (Dinding) dengan Mode Timeline (Kronologi).

Halaman utama Facebook baik Mode Wall maupun Timeline masih terdiri atas dua bagian utama yaitu: Home (Beranda) dan Profile (Lama disebut Wall, yang baru di sebut Timeline).
Pada halaman Home (Beranda) tidak terjadi perubahan berarti dimana halaman beranda masih terdiri atas satu kolom utama dan dua side bar.

Kolom utama berisikan stories atau berita tentang perubahan status dari jaringan pengguna baik itu teman, group atau halaman tertentu serta aplikasi yang di ikuti. Kolom utama ini bisa di sort atau diurutkan berdasarkan berita terkini atau berita terpenting.

Pada sidebar kanan masih di dominasi oleh iklan sponsor atau promo dan Friend Suggestion. Sedangkan Side bar kiri masih di isi oleh daftar Feed status, pesan, Event (Acara), Aplikasi, Group, Halaman (Pages) dan daftar teman yang online.
Total perubahan hanya terjadi pada Profile (Wall) yang di rubah menjadi Timeline atau yang disebut juga dengan istilah Kronologi.

Seperti namanya, Kronologi memang bertujuan untuk menceritakan kronologi perjalanan pengguna Facebook sejak pertama kali menggunakan Facebook hingga sekarang.
Halaman Timeline terdiri atas: Cover Image (Header), Profile image, Personal info, Folder teman, Folder Photo, Folder Fan page dan Folder Aplikasi.

Halaman status terdiri atas satu halaman dengan tampila dua kolom Tulisan dimana masing masing kolom secara otomatis akan  mengatur posisi dari setiap postingan berdasarkan yang lebih baru dan yang lebih lama. Tetapi tulisan tertentu bisa ditampilkan secara penuh  dengan menandai tulisan (Post) tersebut sebagai Feature.

Satu hal yang sempat menjadi pertanyaan banyak orang, bagaimana cara menghapus post atau tulisan di Timeline yang tidak kita inginkan?
Caranya sangat sederhana, hanya dengan mengarahkan kursor pada pojok atas setiap tulisan (Post) maka secara otomatis akan muncul tanda Bintang sebagai bentuk feature dan Edit post yang berisi: Change date, delete Post dan Mark as Spam atau report. Kalau ingin menghapus tulisan atau post tentunya tinggal memilih delete/hapus post lalu konfirmasi sedangkan kalau ada post yang di posting oleh orang lain dan kurang berkenan buat kita atau berisi violation kita bisa mark as Spam atau Report ke admin Facebook.

Pada Mode Timeline terdapat Tabel Scroller yang berisikan tahun, dan bulan. Tabel itu mengindikasikan aktifitas pengguna Facebook dari tahun atau bulan ke bulan. Jika kita mengarahkan kursor pada angka tahun atau nama bulan tertentu, maka secara otomatis semua aktifitas kita baik berupa pertemanan, status, acara dan sebaginya akan di tampilkan.
Yang paling banyak akan kita temui di Mode Time Line adalah menu Drop Down (Scroller tab).
Pada Top Menu Bar Facebook terdapat Drop Down menu berisikan daftar Pages dan group yang kita kelola, Account setting, Privacy setting, Log Out dan forum bantuan (Help).

Di Bawah Header juga terdapat Menu Drop Down lainnya tepatnya di sebelah info yang berisikan antara lain view as dan Profile badge.

View as memudahkan kita untuk melihat tampilan Timeline kita jika dilihat dari sudut pandang orang lain atau teman. Sedangkan Profile Badge adalah untuk menampilkan kode badge (banner) jika kita ingin mempromosikan Facebook kita di situs atau blog tertentu.
Jika kita menggeser kursor ke bagian bawah (Badan Timeline) yaitu setelah bagian Header atau informasi pengguna, secara otomatis Top Menu Bar akan menampilkan pilihan berupa Nama pengguna, Timeline (Menu Scroll) dan Now (Menu Scroll).

Timeline jika di klik akan menampilkan drop down menu berisikan: About, Friends, Photos, Likes dan Subscriber. Sedangkan Now jika di klik akan menampilkan data tahun dan bulan yang jika di klik pada spesifik bulan atau tahun akan menampilkan data pada bulan atau tahun tersebut.

Tutorial ini bukanlah Tutorial Resmi dari Facebook, melainkan hanya inisiatif Teman dSb untuk membentu sesama Facebooker yang mungkin masih bingung dengan Fitur Timeline.

0 komentar:

Posting Komentar