Rabu, 25 Januari 2012

Cara membuat Blog di facebook

Selama ini blog adalah sarana yang praktis untuk berbagi di dunia maya. Dengan blog kita dapat menulis, memasang gambar, foto, musik dan video dengan mudah. Kita dapat berbagi informasi kepada dunia tentang seni, budaya dan berbagai hal yang ada di sekitar kita.

Andaikan semua tempat pendidikan formal/nonformal ataupun instansi pemerintahan blog mungkin kita akan dapat berbagi banyak hal tanpa perlu mondar-mandir ke sana-kemari hanya untuk mendapatkan informasi yang sekiranya bisa dilihat secara online.

Misalnya, untuk sekolahan kita bisa berbagi berapa siswa yang ada di sekolahan, berapa tenaga pendidik, kegiatan apa saja yang diadakan, bagaimana keadaan sekolahan tersebut dan sebagainya. Begitupun dengan instansi pemerintahan, antar lingkungan, kelurahan, kecamatan dapat berbagi secara online dengan tujuan sebagai wacana untuk kemajuan daerah masing-masing. Bagaimana menurut anda?

Dengan begitu, saya kira Pak Presiden negara kita pun dapat melihat garis besar keadaan negara yang dikendalikannya. Namun kendalanya, tidak semua organisasi sekolah/instansi pemerintah terdapat orang mampu membuat blog, walaupun sebenarnya jika kita mau belajar tak ada yang tak mungkin.

Sampai saat ini sarana situs internet yang paling dikenal di masyarakat Indonesia adalah Facebook. Dapat di lihat, berbagai hal dibagi di sana, curhat, foto, musik, dan video. Facebookpun dapat diakses di handphone dengan mudah dan murah, bahkan beberapa jaringan telephone seperti XL Simpati, Axis dll menyediakan akses Facebook secara gratis.

Nah, karena Facebook sudah dikenal sebagian besar masyarakat kita, dengan membuat halaman Blog di Facebook diharapkan semua pengguna Facebook dapat mengaksesnya dengan mudah dan gratis. Pengaturannya pun lebih simple dan mudah, tidak seperti kita membuat Blogspot ataupun Wordpress yang rumit. Kita dapat membuat blog di Facebook dengan bantuan sebuah aplikasi, yaitu fanzila.


Bagi anda yang tertarik dan ingin mencobanya ikuti langkahnya sebagai berikut:

1. Masuk ke Account Facebook anda.

2. Buatlah terlebih dahulu Halaman Facebook. Caranya sangat mudah, banyak sekali blog yang membahas cara membuat halaman Facebook, makanya saya tidak membahas ini.

3. Jika sudah selesai membuat halaman Facebook, selanjutnya masuk ke http://www.fanzila.com/.

4.  Nah, di sana di sediakan 10 aplikasi yang siap anda install. ( BLOG, IMAGES, FORUMS, VIDEOS, COMPETITIONS, TWITTER FEED, HOME PAGE dan WIKI ).

5. Tarik ke bawah untuk melihat semua aplikasi yang siap install. Install semua jika anda ingin menggunakan semuanya, jika tidak pilih yang anda kehendaki. Aplikasi yang anda instal nantinya akan tampil di bagian atas blog sebagai menu,.

6. Blog Halaman Facebook anda sudah jadi. Mudah bukan? Selamat mencoba.Preett..,
 
 

0 komentar:

Posting Komentar